Kamis, 08 Januari 2009

targeting,potitioning dan segmentasi.



segmentasi merupakan suatu aktivitas membagi atau mengelompokkan pasar yang heterogen menjadi pasar yang homogen atau memiliki kesamaan dalam hal minat, daya beli, geografi, perilaku pembelian maupun gaya hidup.

dengan adanya segmentasi maka suatu perusahaan dapat lebih fokus dengan sumber daya yang ada dan juga segmentasi merupakan dasar dalam menentukan potitioning yang akan dibuat dan dilaksanakan. dan dilihat dari itu semua maka potitiong merupakan hal awal yang penting dalam pengambilan keputusan dalam pemasaran.

targeting pasar ditentukan setelah ada pembagian dari segmentasi yang sudah ditentukan. dengan begini maka perusahaan lebih dapat menentukan target pemasaran.setelah itu perusahaan dapat menentukan segmen mana yang akan dijadikan target tapi dengan pertimbangan. Pertama, perusahaan harus memastikan bahwa segmen pasar yang dibidik itu cukup besar dan akan cukup menguntungkan bagi perusahaan. yang kedua, strategi targeting itu harus didasarkan pada keunggulan kompetitif perusahaan yang bersangkutan. yang ketiga, segmen pasar yang dibidik harus didasarkan pada situasi persaingannya.

setelah target sudah ditentukan maka perusahaan dapat menentukan potitioning, yang dimaksud potitioning adalah Posititioning adalah bagaimana sebuah produk dimata konsumen yang membedakannya dengan produk pesaing. Dalam hal ini termasuk barnd image, manfaat yang dijanjikan serta competitive advantage. dalam potititoning kita harus membuat produk kita berbeda dengan produk lain yang membuat konsumen dapat membedakan produk kita dengan yang lain. hal ini membuat perusaah harus jeli melihat kondisi pasar dan kreatif dalam menentukan brand image.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar