Senin, 05 Januari 2009

LIFE CYCLE PRODUCT


SIKLUS HIDUP PRODUK (LIFE CYCLE PRODUCT)
1.Fase pengenalan

Fase ini sering dikenal dengan masa promosi produk kepada masyarakat, biasanya pada masa ini perusahaan tidak mendapatkan keuntungan secara financial bahkan cenderung rugi karena saat promosi perusahaan memberikan penawaran atau harga khusus kepada konsumen. Pada fase ini pula penanaman brand image kepada para konsumen melai dilakukan

2.Fase pertumbuhan

Pada fase ini penanaman brand image kepada masyarakat mulai terlihat hasilnya. Apakah promosi yang dilakukan saat masa pengenalan terhitung berhasil atau tidak. Jika berhasil maka perusahaan akan mulai mendapatkan hasilnya, misalnya saja perusahaan mulai mendapat keuntungan dari penjualan dan pemasangan iklan namun bila tidak berhasil maka perusahaan masih belum mendapatkan hasil dari promosi yang dilakukan saat pada fase pengenalan.

3.Fase kedewasaan
Pada fase ini produk mencapai masa paling tinggi. Masyarakat sudah sangat mengetahui tentang kualitas produk. Perusahaan pemilik produk harus tetap mempertahankan kualitas yang dimiliki sehingga  konsumen tetap percaya pada produknya.fase ini juga merupakan fase penentu apakah produk ini akan bertahan atau tidak.

4.Fase penurunan

Pada saat ini, konsumen sudah mengalami kejenuhan sehingga kepercayaan pada produk menurun, pada masa ini perusahaan harus mulai berpikir keras untuk meningkatkan kembali gairah pasar terhadap produknya, kalau tidak pasti produk ini akan selesai. perusahaan dapat memunculkan inovasi baru sehingga konsumen tertarik lagi dengan produk yang ditawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar