Selasa, 13 Januari 2009

anak muda dan warnet


Perkembangan teknologi dan informasi saat ini sangatlah pesan. Sangat pesatnya sehingga masyarakat bahkan pemerintah belum bisa mengontrol perkembangan teknologi di Indonesia karena pengaruh dari perkembangan teknologi di luar negeri sehingga belum dapat mempergunakan teknologi pada fungsinya . Masyarakat yang haus akan kebutuhan informasi memanfaatkan teknologi internet sebagai salah satu alternative media pemberi informasi.

Internet berasal dari bahasa latin’inter’ yang mempunyai arti ‘antara’. Secara kata per kata, internet berarti jaringan antara atau penghubung karena itulah fungsi internet. Menghubungkan berbagai jaringan yang tidak bergantung pada satu sama lain. Sehingga kita dapat berkomunikasi. Karena pada aplikasinya internet memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit). Sehingga kita menggunakan internet dimanapun selama kita mempergunalan layanan yang disediakan.

Internet merupakan media yang paling diminati di semua kalangan masyarakat. Dari mulai anak kecil, remaja, dewasa bahakan orang tua sekalipun menggunakan jasa layanan ini untuk berbagai hal, mulai dari mencari berita atau informasi tentang suatu hal, hiburan yang biasanya dilakukan dengan “chatting”, surat menyurat melalui ‘E-mail’ bahkan internet juga berfungsi sebagai media pendidikan.

Tidak hanya itu, internet juga bisa digunakan untuk WebCam. Dengan webcam kita bisa berhubungan dengan keluarga ataupun teman dengan menggunakan kamera yang sudah disediakan oleh para pemilik warung internet dan biasanya para penggunanya tidak dipungut biaya.

Kebebasan mencari informasi dan berkembangnya teknologi tanpa pengawasan yang ketat bisa membuat banyak pihak menggunakan jasa internet dengan salah. Remaja sekarang banyak yang mengakses situs untuk orang dewasa yang berhubungan dengan pornografi. Biasanya dalam situs ini menampilkan berbagai foto ataupun video yang tidak seharusnya bisa diakses oleh remaja namun hanya oleh kalangan dewasa saja. Ataupun digunakan untuk melakukan tindak kejahatan, banyak orang menggunakan internet untuk mencari uang dengan membobol kartu ATM bahkan bank biasanya mereka disebut ‘hacker’.

Banyaknya pengguna internet di Indonesia maka tidak salah kalau bisnis Warung Internet (WarNet) sangat marak bermunculan karena bisnis ini juga menjanjikan keuntungan yang sangatlah lumayan. Warnet pada zaman sekarang ini sangatlah mudah kita jumpai, apalagi di kota-kota besar seperti di Yogyakarta ini. Karena terkenal sebagai kota pelajar, maka tidak salah kalau Yogya merupakan salah satu daerah yang memiliki warnet yang cukup banyak.

Banyaknya orang yang menuntut ilmu di Yogya membuat warnet di Yogya berkembang sangat pesat karena sekarang pelajar dan mahasiswa menggunakan internet untuk membantu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru ataupun dosen disekolah maupun dikampus.

Terlalu bebasnya pengguna internet, membuat pemerintah mengeluarkan peraturan yang akan menghukum ataupun mendenda siapapun yang ketahuan secara sengaja ataupun tidak membuka situs dewasa ini. Pemerintah juga memblokir semua situs dewasa yang ada di Indonesia. Namun kurangnya control dari pemerintah langsung membuat hal itu tidak begitu efektif dan efisien. Karena sampai sekarang situs-situs dewasa tersebut masih bisa diakses oleh siapa saja dan dimana saja hal ini membuat masyarakat tidak takut dengan peraturan yang sudah dibuat. Lalu bagaimana remaja saat ini menanggapi peraturan ini?apakah sudah cukup berhasilkah peraturan ini? Dilihat dari awal dikeluarkan peraturan tersebut sampai sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar