Analisis SWOT (singkatan bahasa Inggris dari strengths, weaknesses, opportunities, dan threats) adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
Istilah SWOTdari perkataan :
- Strength (kekuatan)
- Weakness (kelemahan)
- Opportunities (kesempatan) Threats (Ancaman)
- Internal Lembaga yaitu menyangkut Strength dan Weakness
Pertimbangan analisa:
- Sarana dan Prasarana
- Kumpulan pendapat
- Komparasi dengan lembaga lain
- Hasil pengamatan sendiri
Obyek analisa :
- Kemampuan memimpin
- Jumlah dan kualitas anggota
- Kerapian organisasi (Struktur, AD/ART, kebijakan-kebijakan)
- Aturan kedisiplinan
2. Eksternal Lembaga, yaitu menyangkut Opportunities dan Threats
Pertimbangan analisis :
- Pengalaman kita sendiri
- Kumpulan pendapat
- Komparasi dengan lembaga lain
- Pendapat para ahli
Obyek analisa :
- Personal atau lembaga yang tengah berkuasa
- Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan
Dengan adanya analisis SWOT maka perusahaan dapat mengetahui seberapa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki sehingga perusahaan dapat tahu dan dapat mengantisipasi semua kemungkinan yang terjadi, bahkan yang terburuk sekalipun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar