Sabtu, 20 Desember 2008

analisis SWOT


Analisis SWOT (singkatan bahasa Inggris dari strengths, weaknesses, opportunities, dan threats) adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.

Istilah SWOTdari perkataan :
  • Strength (kekuatan)
  • Weakness (kelemahan)
  • Opportunities (kesempatan)                                                                                                               Threats (Ancaman)
Secara mudah analisis SWOT bisa dikelompokkan dalam dua kategori:

  1. Internal Lembaga yaitu menyangkut Strength dan Weakness

Pertimbangan analisa:

- Sarana dan Prasarana

- Kumpulan pendapat
- Komparasi dengan lembaga lain

- Hasil pengamatan sendiri


Obyek analisa :
- Kemampuan memimpin

- Jumlah dan kualitas anggota

- Kerapian organisasi (Struktur, AD/ART, kebijakan-kebijakan)

- Aturan kedisiplinan

2. Eksternal Lembaga, yaitu menyangkut Opportunities dan Threats

Pertimbangan analisis :

- Pengalaman kita sendiri

- Kumpulan pendapat

- Komparasi dengan lembaga lain

- Pendapat para ahli


Obyek analisa :

  •  Personal atau lembaga yang tengah berkuasa
  •  Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan

Dengan adanya analisis SWOT maka perusahaan dapat mengetahui seberapa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki sehingga perusahaan dapat tahu dan dapat mengantisipasi semua kemungkinan yang terjadi, bahkan yang terburuk sekalipun.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar