Jumat, 24 April 2009

atribut parpol

RAMAI DAN MERIAHNYA ATRIBUT KAMPANYE


Sejauh mata memandang, yang ada hanya pemandangan berupa atribut partai politik yang sedang berkampanye. Angin yang bertiup membuat bendera berkibar semakin kencang. Wajah-wajah calon legislative yang belum dikenal warga memenuhi jalan. Atribut partai politik berupa poster, sticker, pamflet,baliho, reklame, juga ikut meramaikan sepanjang jalanan kota.

Kota yang biasanya bersih dan tertata rapi terlihat sangat ramai dan padat, dipinggir-pinggir jalan juga terjejer bendera-bendera partai yang berbaris tidak rapi. Hal itu sungguh sangat merusak pemandangan di dalam kota. Dinding-dinding rumah dan toko yang sebelumnya bersih, ditempeli poster dan sticker hingga terlihat sangat kotor.

Pemasangan atribut kampanye pun banyak yang mengandung masalah. Antara lain tentang tempat-tempat umum yang seharusnya tidak boleh dipasangi atribut. Atupun pelanggaran izin pemasangan baliho ataupun spanduk partai yang mengganggu pengguna jalan raya.

Pemilu legislaif yang dilaksanakan tanggal 9 April 2009 menyedot sebagian besar perhatian masyarakat, dalam proses pelaksanaannya sampai akhir yang dicapai. Namun banyaknya calon legislative yang ada, membuat masyarakat semakin bingung dalam menentukan pilihan.

Banyaknya atribut kampanye yang dikeluarkan oleh parpol untuk menarik perhatian dan suara dari masyarakat tidak banyak berpengaruh. Buktinya saja banyak partai politik yang sudah mengeluarkan banyak biaya untuk memasang ataupun membuat atribut kampanye namun hasil yang di dapat tidak sesuai atau suara yang diraih hanya sedikit.

Partai-partai besar yang mendominasi atribut kampanye membuat atribut kampanye partai kecil tidak begitu terlihat, hal ini terlihat di beberapa jalan besar di Yogyakarta, antara lain di jalan Condongcatur, Babarsari, Kotagede, jalan Solo, Wakhid Hasyim serta jalan Janti.

Lima partai besar pemenang pemilu ternyata juga yang mendominasi atribut kampanye. Lima partai tersebut antara lain Demokrat yang merupakan pemenang pemilu legislative, kemudian disusul oleh PDIP, GOLKAR, PAN dan PKS. Partai-partai pemenang pemilu juga merupakan partai-partai tua.

Namun banyaknya atribut partai yang lain tidak begitu mempengaruhi perolehan suara yang ada, misalnya saja partai GERINDRA, PKB, PPP juga HANURA yang memiliki banyak atribut kampanye tidak begitu banyak memperoleh suara di Yogyakarta walaupun partai–partai tersebut masih masuk dalam 10 besar.


1 komentar:

  1. Poker chip - The Man Titanium Arms
    Poker chip. Poker chip. Poker chip. Poker chip. Poker micro touch hair trimmer chip. titanium dog teeth implants Poker chip. Poker chip. t fal titanium Poker chip. Poker chip. Poker chip. titanium nitride Poker chip. Poker chip. titanium knee replacement Poker chip. Poker chip

    BalasHapus